Air Terjun Tersembunyi di Batang

Air Terjun Tersembunyi di Batang

Kabupaten Batang, akrab dengan namanya? Tentu sejumlah besar pelancong masih asing dengar nama wilayah ini dengan wisata Air Terjun Tersembunyi Batang.

Tetapi untuk pelancong yang menyukai jalanan menelusuri Pulau Jawa lewat Lajur Pantai Utara Jawa alias Pantura tentu mengenal dengan teritori Alas Roban.

Air Terjun Tersembunyi di Batang

Nah, rimba yang kabarnya menyeramkan itu beberapa ada di teritori Batang hingga kabupaten ini dipanggil selaku Kota Alas Roban.

Sejumlah besar daerah Kabupaten Batang ialah bukit-bukit dan pegunungan. Cuman sedikit daratan rendah yang dapat diketemukan di daerah utara yang bersebelahan dengan Laut Jawa.

Baca Juga: Wisata Puncak di Sulawesi Selatan

Jika kamu masih bimbang letak kabupaten ini coba membuka peta, Batangada di kabupaten Pekalongan, Kendal, Banjarnegara dan Wonosobo. Ada bermacam tempat rekreasi yang dapat kamu eksplor di Batang, diantaranya air terjun yang tersembunyi. Tempat rekreasi ini pas buat kamu yang suka berpetualang dan lakukan aktivitas yang melawan.

Nah, supaya lebih terang, di bawah ini ada referensi air terjun di Batang yang harus didatangi sebab mempunyai pemandangan yang mengagumkan.

  • Curug Lojahan

Pelancong yang ingin menelusuri keelokan kabupaten Batang harus punyai fisik yang sempurna, sebab sebagian besar daya tarik alam kabupaten ini ada terselinap di posisi yang susah dicapai. Curug Lojahan misalkan, air terjun bagus dalam photo ini ada dalam belantara alas Kluwung di dusun Kali tengah, kecamatan Blado. Air terjunnya lumayan tinggi seputar lebih dari 40 mtr..

Nama Lojahan sendiri diambil dari nama sungai sebagai penyuplai air di curug ini. Antara terjunan air ada dinding batu yang berupa cengkung seperti gua sebagai rumah dari codot dan kelelawar. Posisinya yang terselinap mewajibkan tiap pelancong harus trackking sepanjang satu 1/2 jam dari perkampungan masyarakat sebelumnya terakhir mendapati air terjun dengan panorama sekeren ini. Keuntungan yang kamu peroleh sudah pasti situasi tenang yang alami karena tidak banyak pelancong yang tiba ke situ.

  • Di Kecamatan Blado Ada Curug Darurat Yang Terkucil

Di dusun Bawang, kecamatan Blado ada satu lokasi yang harus kamu kunjungi. Adalah Curug Darurat, air terjun yang terkucil. Disebutkan begitu sebab dahulu saat sebelum tahun 2009 air terjun ini cukup terkenal dan diatur pemerintahan selaku salah satunya tujuan rekreasi di Batang.

Sekarang air terjun ini nampak tidak terurus sebab pengendaliannya stop. Berita yang tersebar keputusan penghentian itu dikarenakan oleh kontur tanah yang tidak konstan dan riskan longsor. Kamu yang ingin tahu sama air terjun yang menjadi bintang di Batang dapat tiba ke Curug Darurat. Sisa-sisa sarana seperti tangga beton masih terlihat walau beberapa sudah hancur.

  • Curug Sijeglong, Air Terjun Unik Dengan Kolam di Empat Jenjang

Curug Sijeglong tawarkan keelokan air terjun yang terdiri dari 4 jenjang. Di seputar air terjun tumbuh pohon pinus yang paling lebat. Banyak spot photo bagus yang dapat kamu incar untuk lengkapi feed instagram kamu.

Situasi sejuk langsung berasa demikian kamu memijakkan kaki dalam tempat ini. Bahkan juga saat ini telah ada camping ground buat kamu yang pengin menginap, lho.

Tujuan di bawah ini ada di tepian di antara kabupaten Kendal dengan Batang. Lewat dusun Margosono, kecamatan Tersono kamu akan bertemu sama air terjun yang unik namanya Curug Sijeglong. Jeglong dengan bahasa di tempat berarti cerukan, lubang atau kedung yang berisi air.

Kamu dapat menyaksikannya dari wujud air terjun ini. Curug Sijeglong berlainan dari air terjun umumnya, airnya seperti mengucur di atas bukit yang miring. Kemiringan bukit ini terdiri jadi empat tingkat di mana setiap tingkat mempunyai kedung. Di kedung berikut pelancong dapat berenang atau sebatas bermain air.

  • Rivertubing di Kali Lampir, Rutinitas Pemacu Adrenalin di Batang

Untuk kamu yang pengin lakukan tindakan yang lebih melawan kamu dapat ikut-ikutan river tubing atau bodi rafting di Kali Lampir. Kali lampir ini ialah penyuplai air di Curug Sijeglong, jadi jika kamu tiba ke situ kamu akan hadapi dua opsi berenang di Curug Sijeglong atau bodi rafting di sungainya.

Masyarakat di tempat sudah sediakan peralatan keamanan untuk lakukan bodi rafting mulai safety jacket sampai helm pengaman. Kamu akan dilawan untuk menakhlukkan saluran air sungai sepanjang 2 jam yang usai di dusun Pujut, kecamatan Tersono. Tiap pelancong akan mempunyai pemandu untuk pastikan mereka tidak tersesat.

  • Kolam Curug Agung Dengan Dinding Tebing Seperti pada Planet Kripton

Daya tarik air terjun ini tidak cuma ada pada terjunan air atau kolam alami di bawahnya saja tetapi berada pada dinding tebing yang berstruktur unik seperti pada planet Kripton, planet fiksi sebagai rumah dari Superman. Agar yakin kamu perlu memberikan bukti sendiri dengan tiba ke dusun Pagedigan, dusun Pasusukan, kecamatan Bawang, kabupaten Bawang.

Terjunan airnya tidak begitu tinggi cuman seputar 20 mtr. tetapi kolam dan struktur bebatuan tebing di seputar air terjun ini jadi daya magnet sendiri untuk pelancong yang tiba ke posisi. Kono siapa yang mandi sama air dari Curug Agung karena itu derajat dan kewibawaannya akan terangkat.

  • Curug Sang Pitung, Air Terjun di Kaki Gunung Prau yang Membuat Tahan lama Muda

Ingin tahan lama muda? Ada satu air terjun di kabupaten Batang yang mempunyai dogma bisa membuat orang tahan lama muda. Untuk mendapati air terjun ini kamu harus menelusuri Dusun Mulyodadi, Dusun Jambang, Kecamatan Bawang. Di sanalah kamu akan mendapati yang bernama Curug Sang Pitung.

Curug Sang Pitung berada di kaki Gunung Prau dan kehadirannya sedikit dijumpai oleh pelancong hingga situasi alami masih kental berasa. Track ke arah curug ini cukup melawan dengan melalui jalan setapak memotong rimba dan perkebunan masyarakat sebelumnya terakhir datang di curug yang diartikan. Kabarnya kata masyarakat air dari curug Sang Pitung dapat membuat orang tahan lama muda lho.

  • Curug Bidadari yang Kabarnya Jadi Tempat Mandi Bidadari dari Kahyangan

Dengar nama Curug Bidadari yang pertamanya kali tersurat dalam benakmu tentu tempat rekreasi di Bogor. Tetapi curug yang ini ada di Batang lho. Persisnya ada di dusun Silurah, Kecamatan Wonotunggal ada tempat rekreasi bagus namanya komplet Curug Batu Dinding Kolam 5 Bidadari.

Air terjun dengan kolam yang jernih ini jadi salah satunya arah rekreasi yang dicintai anak muda. Kolam ini dikepung oleh dinding batu besar yang seperti gorden semakin percantik alam seputar. Kabarnya, menurut masyarakat di tempat kolam ini dahulunya kerap dipakai mandi beberapa puteri dari kahyangan. Pada jaman kerajaan sekalinya kolam ini dipakai selaku tempat mandi puteri raja.

Panorama di seputar Curug Bidadari makin eksotis dengan adanya banyak batu-batuan besar yang membuat dinding. Bila mempunyai keberanian, kamu dapat ke arah lorong antara dua tebing batu untuk menyaksikan air terjunnya langsung.

  • Curug Sodong

Dusun Sudong di kecamatan Wonotunggal, Batang memang lumayan populer selaku tujuan rekreasi. Dusun ini tawarkan tipe Agrowisata Salak Sodong selain populer sebagai pemroduksi panili dan cengkeh. Tetapi jauh dalam daerahnya terselinap satu air terjun elok namanya Curug Sudong.

Benar-benar sayang bila kamu tidak berkunjung Curug Sodong waktu ada di Batang. Pasalnya panorama cantik air terjun ini tanpa duanya. Mempunyai ketinggian seputar 15 mtr., Curug Sodong selalu ramai didatangi di hari biasa dan akan melonjak waktu musim berlibur datang.

Sarana umum seperti tempat parkirkan, toilet, dan masjid ada di sini. Ditambahkan sikap ramah warga lokalnya membuat kamu tidak ada argumen tidak untuk bertandang kesini.

Air terjun pada ketinggian 800 mdpl ini mempunyai debet air yang cukup deras. Situasi di seputar air terjun masih natural serta asri. Lumrah ingat kehadiran air terjun ini masih jarang-jarang dijumpai pelancong dan belum ditingkatkan selaku tujuan rekreasi komersial.

Nah, itu air terjun di Batang yang harus didatangi sebab mempunyai pemandangan yang mengagumkan. Jadi, kapan kamu ingin kesini, guys?